Senin, 04 Oktober 2010

editor PHP

Benda inilah yang jadi tumpuan kita dalam melakukan coding. Tentunya sebuah editor yang baik akan memudahkan pekerjaan kita. Meskipun bisa saja melakukan coding pake notepad, tapi khan ribet banget tuh.

Kali ini itx akan membahas secara singkat 5 Editor PHP gratisan yang bisa digunakan di w1nd0ws. Yang pasti semuanya memiliki fitur Syntax highlighting.

Notepad++

Yang ini sepertinya yang paling populer di kalangan coder. Proyek yang ditaruh di sourceforge.net itu telah didownload lebih dari 21 juta kali dan dua kali memenangkan Community Choice Award untuk Best Developer Tool.

Fiturnya banyak sekali dan pastinya sudah cukup untuk sebuah editor yang hebat. Sangat ringan untuk digunakan dan biasa digunakan untuk menggantikan notepad standar. Bisa ditambah fiturnya menggunakan plugin.

Bahasa yang didukung:

C

C++

Java

C#

XML

HTML

PHP

CSS

makefile

ASCII art (.nfo)

doxygen

ini file

batch file

Javascript

ASP

VB/VBS

SQL

Objective-C

RC resource file

Pascal

Perl

Python

Lua

TeX

TCL

Assembler

Ruby

Lisp

Scheme

Properties

Diff

Smalltalk

Postscript

VHDL

Ada

Caml

AutoIt

KiXtart

Matlab

Verilog

Haskell

InnoSetup

CMake

YAML

COBOL

D

R

PowerShell

Gui4Cli

Ukuran download (v5.6.8): 3,3 MB

Komodo Edit

Meskipun namanya Komodo, namun program ini tidak dibuat oleh orang Indonesia, melainkan oleh ActiveState – sebuah perusahaan perangkat lunak berpangkalan di Vancouver, Canada. Merupakan versi gratisan dari Komodo IDE. Diperuntukkan bagi programer yang butuh editor multi bahasa dengan fungsi yang banyak tapi tidak termasuk fitur-fitur dalam IDE (Integrated Development Environment) seperti: debugging, DOM viewer, interactive shell, dan source code control yang terintegrasi.

Yang sangat spesial dari program ini adalah fitur autocomplete dan calltips yang sangat memudahkan kita yang mungkin tidak ingat tentang variabel apa yang harus dimasukkan dalam fungsi tertentu.

Bahasa yg didukung: PHP, Python, Ruby, Perl and Tcl, JavaScript, CSS, HTML dan bahasa template seperti RHTML, Template-Toolkit, HTML-Smarty and Django.

Ukuran download (v5.2.4): 33,8 MB

ConTEXT Editor

Sangat ringan digunakan. Saat diinstal ada opsi untuk menggantikan notepad, jadi tak perlu repot ngaduk-aduk registry. Memiliki compiler output parser yang akan menunjukkan posisi mana jika ada sintaks yang salah. Juga memiliki command line handler yang jarang dimiliki program sejenis.

Bahasa yang didukung:

C#, C/C++, Delphi/Pascal, Java, Java Script, Visual Basic, Perl/CGI, HTML, CSS, SQL, FoxPro, 80×86 assembler, Python, PHP, Tcl/Tk, XML, Fortran, Foxpro, dan InnoSetup

Ukuran download (v0.98.6) : 1,6MB . versi portabel: 2,1MB

Eclipse PDT

Merupakan IDE (Integrated Development Environment) yang gratis. Salah satu versi Eclipse untuk mendukung bahasa PHP. IDE ini tentunya lebih memudahkan kita daripada editor teks biasa karena bisa sekalian melakukan debugging dan lain-lain yang tidak bisa dilakukan teks editor biasa.

Proyek Eclipse diciptakan oleh IBM pada tahun 2001 dan didukung oleh sebuah konsorsium dari vendor-vendor perangkat lunak. Kemudian dibuatlah Eclipse Foundation pada tahun 2004 sebagai lembaga yang independen. Lembaga non profit itu dibuat untuk menjamin vendor yang terlibat tetap netral dan open.

Ukuran download (v2.1-SR1) dengan semua dependency: 141M

PSPad

Editor ini dibuat oleh seorang Ceko pada tahun 2002 dan saat ini sudah sampai pada versi 4.5.5. Di dalamnya terdapat HEX Editor, Project support, FTP Client, Macro Recorder, dan lain lain. Juga terdapat spell checker.

Mendukung banyak bahasa, antara lain: C++, Cobol, MS-Dos batch, CSS, Forth, Fortran, FoxPro, HTML, XHTML, INI, Inno Setup, Java, JavaScript, KixStart, Object Pascal, Perl, PHP, Python, RSS, SQL, TCL/TK, Unix ShellScript, VBScript, Visual Basic, X86 assembler dan 120+ bahasa lain.

Ukuran download (v4.5.5) : 4,2MB

Yang perlu diingat adalah tak ada yang sempurna. Sesuatu yang dianggap paling baik oleh orang tertentu, belum tentu yang terbaik bagi orang lain. Jadi pilihlah tool yang paling sesuai untukmu….SELAMAT MENCOBBAAAA...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar