Kamis, 14 Oktober 2010

Artificial Inteligent

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.

Banyak hal yang ingin dilakukan di zaman yang semakin modern. Baik dari segi kualitas maupun kuantitas, pola fikir mereka untuk menciptakan atau membuat tekhnologi yang mampu menggantikan tenaga manusia merupakan keputusan yang cukup baik. Disini saya ingin mencoba membuat AI tersebut dengan memperhatikan kebutuhan yang diinginkan. Saya ingin mencoba membuat alat komunikasi yang serba canggih. Kita sadari bahwa akhir-akhir ini sudah banyak alat komunikasi yang mampu menyediakan fasilitas lengkap dan mempermudah user. Alat komunikasi sangat penting dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, saya ingin mencoba menerapkan AI pada alat komunikasi yang kita gunakan seperti Handphone.

Diharapkan dengan diterapkannya AI dapat semakin mempermudah dan mendapatkan keuntungan yang banyak dari segi ini. Sudah diketahui perkembangan handphone dari masa ke masa mengalami perkembangan yang sangat signifikan,mulai dari 2 g, 3g, video call,dll. Penggunaannya Mulai dari manual sampai ke touch screen dan keypad yang digunakan juga sudah bisa dikategorikan hampir sama dengan computer. Oleh karena itu, tidak heran banyak orang yang berlomba untuk menciptakan tekhnologi yang mampu memenuhi kebutuhan manusia.

Saya ingin menciptakan sebuah alat komunikasi yang serba instan. Artinya bukan manusia yang bekerja tetapi program yang bekerja. Jadi pada saat kita memerintahkan sesuatu, secara otomatis handphone akan masuk ke dalam program yang diinginkan. Misalnya kita ingin mengirimkan pesan kepada orang lain, tidak perlu mengetik tapi kita hanya berbicara kemudian handphone merekam dan menuliskan teks yang ingin ditulis dan dimaksudkan. Dan hal lainnya juga pada saat kita melakukan telepon dan fasilitas yang lainnya , jadi manusia hanya memerintahkan tidak perlu bekerja.

Adapun keuntungan yang diterapkan salah satunya adalah menghemat waktu dan memenuhi kebutuhan personal dari manusia itu. Dan adapun kesulitan dalam mewujudkannya, salah satunya membutuhkan tenaga ahli dan khusus untuk menciptakan ide itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar