Sabtu, 17 April 2010

analisa pasar tradisional vs pasar modern

Analisa pasar tradisional vs pasar modern

Pasar

Pasar dalam arti sempit adalah tempat permintaan dan penawaran bertemu, dalam hal ini lebih condong ke arah pasar tradisional. Sedangkan dalam arti luas adalah proses transaksi antara permintaan dan penawaran, dalam hal ini lebih condong ke arah pasar modern. Adapun perbedaan antara pasar tradisional dan pasar modern. Seiring dengan berkembangnya waktu, pasar seakan hilang dari identik dari masyarakat. Dahulu pasar menjadi tempat yang sangat dekat dengan masyarakat, karena berkembangnya kemajuan zaman. Pasar yang identik dengan ramai, murah dan terjangkau terganti dengan pasar yang lebih modern seperti mini market, dll.

Oleh karena itu, sebagai konsumen kita harus pintar-pintar memilih. Konsumen menginginkan kemajuan yang lebih baik dari yang sebelumnya baik dalam hal keamanan, Kenyamanan, kebersihan, kualitas,kuantitas,dll dengan harga yang sama dengan harga yang ada di pasar tradisional. Bagaimanapun juga hal ini tidak boleh dipandang sebelah mata karena akan merugikan banyak pihak terutama produsen di pasar tradisional.

Tidak banyak pula, masyarakat yang tetap setia dengan pasar tradisional karena di pasar tradisional kita bisa melakukan penawaran/ transaksi dengan harga yang lebih murah, sedangkan pada pasar modern harga sudah disesuaikan. Pertarungan sengit antara pedagang tradisional dengan pedagang modern merupakan fenomena umum era globalisasi. Jika Pemerintah tak hati-hati, dengan membina keduanya supaya sinergis, Perpres Pasar Modern justru akan membuat semua pedagang tradisional mati secara sistematis. Setelah tertunda 2,5 tahun, Peraturan Presiden (Perpres) No 112 Tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, serta Toko Modern (biasa disebut Perpres Pasar Modern), akhirnya ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 27 Desember 2007 lalu.

Pemerintah juga harus memberikan solusi untuk pasar tradisional agar pasar ini tidak hilang dari masyarakat. Pemerintah juga harus memperhatikan nasib orang-orang yang kecil dan tidak membuat pasar modern menjadi tren saat ini. Salah satunya dengan memperbaiki bangunan pasar tradisional, serta pemberdayaan pedagang kecil dan peritel tradisional melalui berbagai program.

Jika hal itu tidak dilakukan pemerintah, maka pasar tradisional akan benar-benar mati hanya akan tinggal waktu saja. Padahal alangkah baiknya pasar tradisional ini tetap berjalan dan lebih baik dari sebelumnya. Jangan dimusnahkan atau dihilangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar