Selasa, 30 November 2010

animasi

BLENDER

Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.

Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:

Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.

Blender Pengembang The Blender Foundation Versi rilis terbaru 2.48a / Oktober 23, 2008; 2 tahun yang lalu (2008-10-23) Bahasa pemrograman C, C++, dan Python Sistem operasi Cross-platform Jenis Grafika komputer 3D Lisensi GPL Situs web www.blender.org

Penggunaan BLENDER

Penggunaan Animasi 3 dimensi saat ini bukanlah hal yang luarbiasa lagi. Banyak Animator yang telah menggunakan software 3 dimensi untuk membuat film dan iklan.Pada awalnya memang untuk mendapatkan software pengolah 3 dimensi Anda harus membayar mahal. Tapi kini dengan perkembangan free/open source software yang begitu pesat Anda tidak harus membayar lagi, karena saat ini sudah ada software pengolah 3d yang open source seperti Blender.

Blender merupakan salah satu software opensource pengolah 3 dimensi dan animasi yang dapat berajalan pada beberapa sistem operasi seperti Windows, Macintosh dan Linux. Sama seperti software 3D pada umumnya seperti 3DS Max, Maya dan Lightwave. Bagi Anda pengguna Linux sangatlah menguntungkan menggunakan Blender, walaupun interfacenya sedikit menyulit bagi pengguna awam. Blender sangat berbeda dengan software pengolah 3D lainnya. Blender memiliki beberapa kelebihan antara lain;

  • Project kerja di Blender bisa dikerjakan dihampir semua software 3D komersial
  • Raytrace dengan kualitas yang tinggi,
  • Mempunyai simulasi physics yang bagus,
  • Menggunakan UV unwrapping yang sangat sempurna dan
  • Masih banyak lainnya.


Selain itu Blender saat ini sudah di gunakan oleh beberapa produksi film dapat didownload secara gratis di situs resminya www.blender.org.
Bagi Anda Pengguna Ubuntu yang ingin mencoba software yang satu ini dapat menginstallnya dengan perintah berikut ini:

sudo apt-get install blender

Tidak ada komentar:

Posting Komentar